Sabtu, 23 Juli 2011

LOKAWISATA BATURRADEN

Posted by Herna Rizaldi on 21.56

Baturraden Terletak di sisi selatan Gunung Slamet yang berketinggian 3430 meter ( yang merupakan gunung berapi terbesar dan gunung tertinggi kedua di P.Jawa ) . Terletak di ketinggian 640 meter dpl ( di atas permukaan air laut ) dan hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Purwokerto-Banyumas-Jawa Tengah dengan koordinat 7°25'26.85"S - 109°13'48.59"T menjadikan Baturraden sebagai magnet wisata bagi siapa saja. Jalan dari arah Kota Purwokerto ke Baturarraden beraspal hotmix, halus dan cukup lebar untuk dilalui dua mobil. Selain bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, banyak juga jalur bis-bis antar propinsi dan kereta api yang melewati Kota Purwokerto sehingga mudah sekali untuk mencapai lokawisata Baturraden. Kota Banyumas sendiri diapit oleh Kabupaten-Kabupaten lain yang kaya akan wisata, sisi sebelah Utara dibatasi Kabupaten Tegal, sisi sebelah Selatan dibatasi oleh Kabupaten Cilacap, sisi sebelah Barat dibatasi oleh Kabupaten Brebes dan sisi sebelah timur dibatasi oleh Kabupaten Purbalingga.
Dengan berbagai lokasi wisata dan fasilitas di dalamnya rasanya tak cukup sehari untuk menikmati kepuasan berwisata di Baturaden. Tempat pertama yang paling dekat dengan gerbang utama adalah Taman Kaloka Widya Mandala. Di Taman ini terdapat berbagai binatang, juga difungskan sebagai wisata edukasi yang diresmikan pada tanggal 17 Mei 1995 oleh Bupati Banyumas saat itu Bapak H. Djoko Sudantoko. Tempat ini pernah mendapatkan prestasi sebagai Visit Indonesia Dekade 1991-2000 dalam penobatan Anugerah Wisata Jawa Tengah dan DIY di Semarang pada tanggal 23 Agustus 1996. Berbagai binatang dapat ditemukan disini antara lain Buaya, Ular, Monyet, Gajah dan lain-lain. Selain koleksi hewan, berbagai permainan juga tersedia seperti kereta gantung, sepeda air, atraksi naik gajah dan yang paling penting adalah menikmati indahnya pemandangan di taman ini.
Siang itu padat sekali pengunjung yang berada di Taman Kaloka Widya Mandala. Hampir seluruh sudut di Taman yang luas ini dipenuhi orang. Ada yang berfoto-foto, asyik naik sepeda air, naik gajah, atau yang sedang asyik bergandengan tangan memadu kasih...wow..ramai, asyik dan romantis jadi satu. Kalau sudah terasa lapar apalagi makanan yang cocok kalau bukan bakso. Banyak pedagang bakso yang bisa anda temukan di kawasan taman ini yang setiap saat bisa menghangatkan badan anda yang kedinginan setelah berkeliling taman. Berlama-lama disini tidak membuat bosan, selalu saja timbul inspirasi ketika menikmati keindahan alam.

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter

Search Site

 
  • Bukan Karena Hari Ini Indah Kita Tersenyum Namun Karena Kita Tersenyum Hari Ini Menjadi Indah
    SALAM TRANSFORMASI